♥ Ghina Rohadatul Aisy ♥

GRA :)
Sabtu, 22 Desember 2012

Materi biologi kelas 9 - bioteknologi

 Hollaa .... :D apa kabar ?
sekarang kan lagi liburan, daripada nggak ada kerjaan, gue mau ngeshare tentang materi pelajaran buat semester 2 besok nih :D yaitu tentang "bioteknologi" selamat membacaa aja yahh ( yang nggak mau jg nggak apa`` kok :P ) .. Ini diiia :

A. Pengertian Bioteknologi
Bioteknologi adalah pemanfaatan organisme hidup untuk menghasilkan produk dan jasa yang bermanfaat bagi manusia. Dalam bioteknologi memanfaatkan bakteri, ragi, kapang, alga, jaringan hewan

B. Bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern
Bioteknologi konvensional adalah bioteknologi yang mengandalkan jasa mikroba untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan manusia melalui proses fermentasi.
Bioteknologi modern (khususnya rekayasa genetika ) berusaha mengubah sifat organisme sehingga memiliki kemampuan seperti yang diinginkan.

C. Produk bioteknologi Konvensional
Berikut ini hasil dari penerapan bioteknologi konvensional dalam bidang pertanian :
1. Hidroponik
    Hidroponik adalah cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam.
2. Aeroponik
    Aeroponik berasal dari kata aero yang berarti udara dan ponos yang berarti daya. Jadi, aeroponik adalah pemberdayaan udara.

D. Produk Bioteknologi Modern
     Produk Bioteknologi Modern antara lain berupa makhluk hidup transgenik, yaitu makhluk hidup yang telah di ubah sifatnya sehingga memiliki keunggulan tertentu.

E. Dampak Penerapan Bioteknologi
     Penerapan bioteknologi selain memberi dampak positif bagi kehidupan manusia, tetapi juga menimbulkan dampak negatif. Dampak penerapan bioteknologi terdapat pada berbagai aspek kehidupan seperti etika/ moral, lingkungan hidup, sosial ekonomi, dan kesehatan






0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Template by BloggerCandy.com